Anda mungkin merasa risi yaa. Ketika Vespa kesayangan anda "brebet" dan serasa akan mati mesinnya (mogok).
Pertama yang harus anda cek adalah seputar tentang " Pengapian "
Pengapian Vespa sangat berdampak pada laju motor bahkan bisa-bisa motor gak bisa hidup lho, susah starter motor, kendala pengapian biasanya berada pada stelan platina yang gak bener, bisa juga salah satu perangkat pengapian seperti busi, koil, platina, kondensor, spul pengapian ada yang sudah gak layak pakai atau mati.
Penyelesaian:
Lihat kondisi busi, bila ujung berwarna hitam busi akan lemah dalam memercikkan api atau bisa juga gak ada percikan api. Solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet & main jet, kalau warna ujung busi merah bata maka periksa ke bagian yang pengapian yang lain.
Periksa Platina. Penyetelan platina yang benar, jarak renggangan antara konektor minus dan plus kira-kira 0,5mm menggunakan obeng min, perlu di ingat bahwa penyetelannya jangan di ketok karena ini akan mepersingkat umur pakai platina karena antara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator.
Periksa Kondensator. Pemeriksaan kondensator amatlah mudah apabila terjadi letupan api di platina, ini dikarenakan kondensator sudah tidak layak pakai, ganti kondensor atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lain atau sistem kondensator di double dengan ukuran kondensor yang sama yaitu 2 farad.
Yang terakhir cek spul pengapian [ gambar di atas kondensor ], masih layak pakai atau harus ganti yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendur, spul putus. Apabila semuanya stabil maka wajib memeriksa nap pur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak, lihat juga kondisi rotor, masih bagus atau tidak, ukuran nap pur mestinya 21 derajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.
Selain dari pengapian, vespa juga memiliki masalah yang sering muncul pada "karburator". Dimana karburator ini berfungsi untuk menyuplai bahan bakar kedalam ruang bakar. Berikut ada masalah yang sering terjadi pada karburator :
Pertama,kita bahas tentang cara mengatasi karbu vespa yang kebanjiran
karbu vespa yang kebanjiran adalah bensin yang turun ke bandul kebanyakan dan vespa akan susah untuk nyala
Cara Mengatasinya :
1. Cek pada busi vespa anda,buka busi anda dengan kunci busi setelah itu liat pada kepala busi,kalau basah dengan bensin segera bersihin dengan lap,dan bersihkan bekas-bekas oli yang menempel di kepala busi dengan amplas,dan di selah-selah sambil di lubang kop buring di kasih lap agar kotoran pada buring keluar
2. Pasang kembali busi,dan coba di stater kalau masih belum nyala dan di buka busi anda kembali ternyata masih basah dengan bensin.Cek pada lubang karbu vespa anda,apabila lubang basah kuyup dengan bensin segera bersihin dengan lap sampai kering atau di angin-anginkan dengan pompa,setelah itu coba diselah vespa anda kalau masih banjir,coba setel kembali stasioner dan baut angin pada karbu
3. Cek pelampung pada deksel karbu,biasanya di sebabkan oleh pelampung pada deksel yang udah nggak normal atau sudah rusak atau pecahatau jarum pelampung yang udah nggak normal,segera ganti pelampung,agar tidak menyebabkan banjir kembali
Kedua,masalah pada karbu vespa adalah bensin pada karbu tidak mau turun ke bandul ,dan akibat nya vespa susah untuk nyala
Cara Mengatasinya :
1. Cek pada spuyer bensin pada karbu vespa anda,cek pada lubang-lubang spuyer kalau ada kotoran segera bersihkan dengan lap atau kawat yang masih bersih jangan yang sudah berkarat
2. Cek kembali pada lubang pelampung,dan hilangkan dahulu sisa bensin,setelah itu cek pada lubang pelampung kalau ada kotoran segera bersihkan kembali dengan lap atau kawat
3. Cek pada tengki vespa anda,biasanya lubang tertutup dengan karat tau kotoran bersihkan tengki,
4. Coba di miringkan vespa anda ke kanan dan lihat di lubang karbu bensin turun atau tidak,kalau tidak cek kembali sampai bensin mau turun.
Ditulis oleh Rully Ramadhan
20 Oktober 2018
0 komentar:
Posting Komentar